25 rumah rusak berat akibat longsor di Bandung barat

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) menginformasikan kiranya sejumlah wilayah dalam bandung barat mengalami bencana longsor sampai menyebabkan 23 rumah rusak berat.

hujan dengan intensitas tinggi telah mengakibatkan longsor selama tiga kecamatan, tutur kepala pusat data info juga humas bnpb sutopo purwo nugroho di jakarta, selasa.

sutopo menyebutkan tiga kecamatan tersebut adalah kecamatan gununghalu, kecamatan rongga juga kecamatan cipongkor kabupaten bandung barat.

kondisi permukiman yang berada selama tebing perbukitan curam juga kondisi lereng berupa lahan pertanian semusim sudah menyebabkan wilayah itu memiliki risiko longsor tinggi, ujarnya.

dia menyebutkan, tercatat 23 properti rusak berat, 97 properti terancam longsor juga 87 jiwa mengungsi akibat longsor di tiga kecamatan itu.

Informasi Lainnya:

sebagian masyarakat baru mengungsi di rumah kerabatnya yang lebih tidak berbahaya ujarnya.

dia menambahkan, dengan pemukiman yang dibangun pada perbukitan berlereng curam serta tutupan hutan amat sedikit juga kondisi tanah yang tebal dan memiliki mata air dalam bagian tengah ditambah batuan keras di bagian bawah lapisan tanah memperbesar resiko longsor.

untuk itu pemda usah memfasilitasi teknologi konservasi tanah dan air pada warga agar risiko bencana mampu diminimalisir, ujarnya.

banyak koleksi teknologi sederhana supaya mengatasi longsor, papar dia, baik secara fisik serta vegetatif dan disesuaikan kondisi setempat.