Legislator: desentralisasi pencetakan soal UN perlu dipertimbangkan

wakil ketua komisi x syamsul bachri berpendapat bahwa pemerintah mesti mempertimbangkan supaya menggarap desentralisasi pencetakan soal ujian nasional di pelaksanaan dan ingin datang.

dari kejadian keterlambatan penyelesaian juga pendistribusian naskah soal sudah ada indikasi bahwa sentralisasi pengadaan soal un tidak mampu diselenggarakan. melalui itulah, aku pikir mesti desentralisasi. serahkan pada percetakan daerah tapi diawasi melalui ketat oleh seluruh bagian, ujarnya pada jakarta, kamis.

menurut dia, beberapa pemerintah daerah sudah mengatakan sanggup agar menggarap pencetakan soal un untuk sekolah-sekolah dalam wilayahnya tiap-tiap.

mereka memiliki perusahaan percetakan dan memadai. maka, ini sesungguhnya soal kepercayaan serta pengawasan saja, ujarnya.

Informasi Lainnya:

sementara tersebut, lanjutnya, substansi materi yang hendak diujikan mampu disiapkan dengan pemerintah pusat, yakni dengan kementerian studi juga kebudayaan.

hal tersebut, berdasarkan syamsul, justru mampu menekan biaya distribusi soal juga memudahkan proses pendistribusian.

ini sisi positifnya dari desentralisasi, melalui dicetak dalam daerah, dengan demikian proses pengirimannya lebih cepat sebab lokasinya tidak jauh dengan info ujian anak-anak sekolah, katanya.

sebelumnya, tim kunker komisi x dpr meninjau segera pelaksanaan un tingkat sma yang diundur, dan un smp pada sulawesi selatan.

pada kesempatan tersebut, tim dan dipimpin wakil ketua komisi x syamsul bachri baru menjumpai berbagai kendala teknis selama pelaksanaan un.

misalnya, dalam sma frater makassar, bagian sekolah terpaksa mesti menambah sendiri persediaan lembar langkah awal sehingga terjadi perbedaan standar pada bahan kertas soal serta lembar Jalan keluar un.