Raja Abdullah berhentikan Wakil Menteri Pertahanan Saudi

raja arab saudi abdullah memutus wakil menteri pertahanan pangeran khaled bin sultan.

reuters dan mengutip media pemerintah mengemukakan langkah tersebut merupakan aksi terbaru selama perombakan di kelompok masyarakat pangeran dan memegang jabatan pemerintah.

pergantian dari jabatan-jabatan berguna pada kelompok masyarakat pangeran diawasi dengan cermat sebab aksi tersebut menunjukkan kemungkinan perubahan dalam perubahan garis suksesi pada kerajaan itu.

pangeran khaled merupakan panglima angkatan bersenjata arab saudi di perang teluk tahun 1991 tetapi tidak diberi jabatan menteri pertahanan tahun 2001 sesudah ayahnya putra mahkota sultan yang memegang jabatan tersebut pada lima dasa warsa meninggal.

Informasi Lainnya:

ia digantikan oleh oleh pangeran fahd bin abdullah bin mohammed bin abdulrahman, papar kantor berita saudi press agency (spa) mengutip Satu keputusan raja. pangeran fahd merupakan mantan kepala staf angkatan laut arab saudi.

spa tak memberikan alasan terhadap penggantian tersebut.

menteri pertahanan adalah putra mahkota salman, pengganti dan ditunjuk raja abdullah. ia mengawasi pembelian senjata miliaran dolar as dan memperkuat aliansi-aliansi arab saudi dengan melalui negara-negara barat.

tidak semisal halnya pada monarki-monarki eropa, suksesi keluarga yang berkuasa arab saudi tak berasal daripada ayah ke putra tertua akan tetapi selama kalangan saudara daripada pendiri kerajaan tersebut, juga didasarkan pada senioritas, pengalaman,mental dan kedudukan pada keluarga tersebut.

tidak gamblang mana ada yang ingin berkuasa setelah raja abdullah juga putra mahkota salman, ternyata pengganti mereka diperkirakan adalah pangeran mugrin, termuda daripada saudara-saudara tersebut karena ia telah diangkat adalah deputi kedua perdana menteri awal tahun ini.