Jalur Ngawi-Solo macet akibat antre solar

sejumlah titik di jalur jalan raya ngawi-solo, kabupaten ngawi, jawa timur, mengalami kemacetan akibat tertutup kendaraan yang sedang mengantre solar bersubsidi di stasiun pengisian bahan bakar umum (spbu) setempat pada juma sore.

kemacetan didominasi dengan mobil besar semisal bus juga truk dan mengular sampai mencapai lima kilometer lebih. kaum petani melalui membawa jerigennya dan kendaraan pribadi yang berbahan bakar solar dan ikut mengantre.

petugas spbu selama jalan raya ngawi-solo, desa sidowayah, kedunggalar, ngawi, agus, jumat petang mengatakan, bbm bersubsidi bidang solar besar diharapkan dari sepekan terakhir.

pasokan solar daripada pertamina telah dibatasi. biasanya bisa dikirim 16 kilo liter semua kali do, sekarang hanya tinggal setengahnya. resikonya solar sulit diinginkan juga pada ngantre, ujarnya terhadap wartawan.

Informasi Lainnya:

guna mengurai macetnya dalam jalur antarprovinsi tersebut, petugas satuan kemarin lintas polres ngawi terpaksa memberlakukan sistem kunjungi dan tutup jalan.

polisi serta menyediakan sejumlah jalur alternatif kepada kendaraan pribadi dari arah solo dan akan menuju madiun dan magetan agar memangkas kemancetan.

kemacetan terjadi sebab adanya antrean kendaraan solar di spbu dan masih saja melayani pasokan daripada pertamina. macet sudah terjadi dari pagi, beruntung sekarang sudah bisa diatasi dengan sistem buka tutup serta tutup jalan juga jalur pilihan, ujar kepala satuan 2012 lintas polres ngawi, akp gatut wibowo.

hal serupa serta terjadi pada sejumlah spbu dalam kabupaten madiun. antrean hingga menyebabkan macetnya lalu lintas terjadi di spbu sangen, geger, dan terkandung selama jalan raya madiun-ponorogo serta spbu klitik, wonoasri, yang berada pada jalan raya madiun-surabaya.

kapolres madiun akbp yusuf, mengatakan, pihaknya telah menugaskan anggotanya agar membuat arus 2012 lintas untuk antrean kendaraan dalam spbu tersebut tidak membuat macet.

kami juga menempatkan sejumlah personel untuk mengamankan spbu guna mencegah keributan dan bisa saja terjadi saat antre solar. masing-masing spbu yang rawan akan dijaga tiga sampai empat personel, kata akbp yusuf.

menurut dia, penjagaan mau dilakukan hingga batas waktu dan belum ditetapkan. tergantung daripada situasi selama lapangan dan kebijakan pemerintah pusat mengenai pendistribusian bbm bersubsidi tersebut.

seperti digemari, kuota solar bersubsidi tahun ini dipastikan menurun daripada tahun sebelumnya akibat menyesuaikan kuota bbm subsidi dan telah ditetapkan dalam apbn 2013. untuk wilayah jawa timur, kuota solar bersubsidi tahun 2013 hanya sebesar 1,91 juta kilo liter (kl). persentasi tersebut lebih rendah dari realisasi tahun kemarin sebesar 2,08 juta kl.

demikian juga, pas penugasan pemerintah, kuota solar bersubsidi dan menjadi tanggung jawab pertamina tahun ini lebih rendah 8,3 persen dibandingkan dengan realisasi penyaluran tahun 2012. secara nasional, kuota solar bersubsidi tahun lalu sebesar 15,56 juta kl, berkurang adalah 14,28 juta kl dalam 2013 ini.