UNICEF puji pengesahan kesepakatan perdagangan senjata

unicef, selasa (2/4), menyambut menarik pengesahan kesepakatan perdagangan senjata (att) oleh sidang majelis umum pbb untuk langkah bermanfaat ke arah perlindungan anak-anak melalui pengaturan penyerahan senjata daripada Salah satu negara ke negara lain.

kurangnya pengawasan global dan konsisten mengenai perdagangan senjata sudah memungkinkan senjata disalah-gunakan selama skala sulit, oleh karenanya mengakibatkan pembunuhan dan membuat-cacatnya banyak masyarakat sipil, tutur unicef pada siaran pers yang dikeluarkan selama markas pbb, new york.

kenyataan bahwa kesepakatan tersebut memesan rujukan khusus pada anak kecil juga hawa amat membesarkan hati, kata susan bissel, kepala unicef urusan perlindungan putri pada new york.

sidang majelis umum dan memiliki 193 anggota telah menyetujui kesepakatan perdagangan senjata global --yang gagal mencapai dukungan bulat pekan sebelumnya-- tapi mencari dukungan kebanyakan negara anggota saat diajukan supaya pemungutan suara selama selasa.

Informasi Lainnya:

kesepakatan tersebut memenage perdagangan senjata internasional yang bernilai miliaran dolar as.

kesepakatan perdagangan senjata menyewa seluruh negara supaya dengan terbuka mempertimbangkan risiko kiranya pengalihan senjata dapat memudahkan tindakan kekerasan serius terhadap hawa dan anak-anak sebelum mengizinkannya dilanjutkan, kata susan bissel sebagaimana dilaporkan xinhua, rabu malam.

itu berguna mengingat senjata kini adalah salah Satu penyebab utama kematian anak-anak dan remaja selama ada negara, tergolong ada orang yang tidak mengalami perang.

kekerasan bersenjata, menurut catatan pbb, menewaskan lebih daripada setengah juta pihak setiap tahun, termasuk 66.000 wanita putri dan perempuan.

selain tersebut, antara 2000 dan 2010, hampir 800 pekerja kemanusiaan tewas dalam serangan bersenjata dan sebanyak 689 pihak dulu cedera, tutur kantor pbb urusan perlucutan senjata.

kekerasan bersenjata dan pengalaman perorangan juga grup amat berbeda sesuai dengan usia serta bidang kelamin. seringkali, anak-anak bukan hanya adalah korban dan saksi mata kekerasan bersenjata, tapi mereka serta mungkin berubah adalah pelaku kekerasan yang berkaitan melalui senjata.

anak-anak menanggung dampak langsung serta konsekuensi tak segera dari cedera selama diri mereka sendiri atau anggota keluarga mereka, termasuk pengusiran, kemiskinan serta berkurangnya akses ke studi serta kesehatan.

tantangan kini ingin berupa membeli kesepakatan tersebut berhasil, papar bissel. ini merupakan upaya paling utama agar memenage industri raksasa dengan jangkauan global, tapi melalui dampak sampai ke warga paling kecil. berkat kepemimpinan pemerintah serta keterlibatan intensif masyarakat sipil serta keluarga pbb, kita akhirnya mempunyai kesepakatan perdagangan senjata.

setelah pengesahannya oleh sidang majelis umum pbb, kesepakatan tersebut perlu ditandatangani dan disahkan dengan sedikitnya 50 negara agar bisa diselenggarakan, itulah xinhua melaporkan.