Gempa masih sering guncang Kawah Timbang

badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) kabupaten banjarnegara mengatakan gempa masih sering melanda kawah timbang dalam desa sumberejo.

menurut pengamatan tim tanggap darurt pusat vulkanologi serta mitigasi bencana geologi (pvmbg) selama minggu (31/3), pukul 18.00 wib, sampai senin, jam 06.00 wib, terekan adanya tujuh kali gempa vulkanik dalam serta 27 kali gempa vulkanik dangkal, kata petugas posko siaga darurat bencana kawah timbang bpbd banjarnegara, andri sulistyo, selama kecamatan batur, banjarnegara, senin.

sementara pada minggu (31/3), jam 00.00-18.00 wib, terekam sebanyak 12 kali gempa vulkanik pada, 41 kali gempa vulkanik dangkal, dan dua kali gempa hembusan yang terjadi pada kurang lebih kawah timbang.

sementara saat kawah timbang berstatus normal, papar dia, rata-rata pada Satu bulan terekam kurang dari 10 kali gempa vulkanik selama dan kurang dari lima kali gempa vulkanik dangkal.

namun masih sering diguncang gempa, penduduk sekitar kawah timbang tetap tenang selama rumah masing-masing. hingga ketika ini belum ada pengungsian, katanya.

Baja Juga: Dealer Honda - Harga dan Informasi Mobil Honda - Dealer Honda

selain gempa, tutur dia, dalam pengamatan visual serta terpantau keberadaan asap putih tebal yang dihembuskan kawah timbang dengan tekanan lemah hingga ketinggian 50-80 meter ke arah barat.

pada jarak 1.000 meter daripada kawah timbang ke arah barat, papar dia, bau belerang tercium cukup tajam. sementara dalam jarak 1.500 meter dari kawah timbang ke arah selatan, lanjutnya, bau belerang tercium lemah.

saat ini, lanjutnya, sudah dilaksanakan penambahan papan jalur evakuasi pada sederat ruas jalan kecamatan batur terlebih desa sumberejo serta desa batur.

kalau `light tower` ataupun lampu sorot telah dibuat sejak sabtu (30/3) dalam dusun simbar, desa sumberejo, yang mengarah ke kawah timbang, makanya pemantauan di malam hari lebih tidak susah dilaksanakan walaupun dari jarak alami serta pada luar radius 1.000 meter, katanya.