Korut minta pengakuan sebagai negara bersenjata nuklir

korea utara (korut) dalam selasa menuntut pengakuan dibuat negara pemilik senjata nuklir, menolak syarat amerika serikat (as) supaya pyongyang menghentikan program senjata nuklirnya sebelum diskusi dimulai.

setelah berpekan-pekan ketegangan dalam semenanjung korea, termasuk ancaman perang nuklir korut, pyongyang paling tidak mulai berbicara perihal dialog supaya menanggapi seruan perundingan dari as serta korea selatan.

menurut catatan reuters, surat kabar rodong sinmun pada korut menolak persyaratan tak berdasar daripada as juga korea selatan agar pyongyang setuju menghentikan web senjata nuklir dan menangguhkan peluncuran peluru kendalinya.

jika dprk duduk semeja dengan as, dengan demikian itu mesti merupakan diskusi diantara negara-negara pemilik senjata nuklir, bukan Salah satu pihak memaksa dan lain menimbulkan senjata nuklirnya, kata surat kabar itu mengacu terhadap nama dipercaya korea utara, republik demokratik rakyat korea.

Informasi Lainnya:

seorang juru bicara gedung putih mengatakan bulan ini kiranya korut harus menunjukkan keseriusan mempunyai ambisi nuklirnya supaya menggarap pembahasan dan bermakna.

korut menandatangani kesepakatan denuklirisasi supaya mendapatkan bantuan pada 2005 tapi lalu mundur daripada perjanjian tersebut.

sekarang pyongyang menyampaikan apabila senjata nuklirnya adalah senjata berharga dan tidak hendak pernah mereka serahkan.

korut mengerjakan uji coba ketiga nuklirnya dalam februari, memicu sanksi baru pbb yang di gilirannya menyebabkan intensifikasi ancaman serangan nuklir korut kepada korea selatan juga as.

tapi ada tanda permusuhan mereda saat kamis lalu korut menyediakan daftar syarat diskusi pada as juga korea selatan, tergolong pencabutan sanksi pbb.

as menanggapinya melalui mengatakan hendak menanti sinyal detail kiranya korut hendak menghentikan web senjata nuklirnya.