Perunding Israel kesampingkan peran Turki terkait Palestina

juru runding perdamaian israel tzipi livni dalam ahad mengesampingkan turki mengambil peran segera pada menghidupkan kembali pembahasan melalui pihak palestina, beberapa saat sebelum menteri luar negeri amerika serikat john kerry meningglkan turki ke israel.

ketika ditanya apakah turki mampu memainkan peran berguna di proses perdamaian -- Salah satu gagasan yang diangkat kerry pada jumpa pers sebelumnya di istanbul ahad pagi -- ia mengatakan kepada radio publik: gagasan itu bagus tetapi perlu waktu.

livni, dan juga menteri kehakiman, ditugaskan memimpin usaha-usaha israel memperbarui perundingan langsung melalui bagian palestina dan macet pilihan pekan setelah diluncurkan selama september 2010 karena terjadi percekcokan soal pembangunan permukiman dengan israel, lapor afp juga xinhua.

kami hendak perhatikan kontribusi negara-negara regional, kata mantan menteri luar negeri itu.

pemimpin regional penting, semua pemimpin palestina yang mau berunding pasti harus memperoleh dukungan negara-negara lain dalam kawasan, sementara supaya saat ini, kami sepenuhnya ikut serta dalam usaha-usaha memulai tinggal perundingan segera yang dibantu pihak amerika, ujarnya.

Informasi Lainnya:

ahad pagi ketika merampungkan lawatannya ke turki menjelang kedatangan di israel, kerry menungkapkan turki bisa memainkan peran besar pada proses perdamaian selama timur sedang.

turki dapat jadi kunci -- penyumbang bermanfaat bagi proses perdamaian, papar kerry pada wartawan, dengan menyatakan ankara dapat memainkan peran sangat senetral dalam menciptakan cuaca terhadap perdamaian pada komunitas internasional.

negara sekuat, setransformatif serta sesemangat turki mampu mempunyai dampak besar dijadikan mitra selama proses ini, katanya.

menlu as tersebut merupakan orang masih dan mendapat kepercayaan daripada presiden barack obama agar menyelesaikan masalah timur sedang dijadikan bagian dari usaha dan diperbarui oleh as guna mendesak para bagian tinggal ke meja perundingan.

harapan-harapan pada washington tumbuh supaya mengikuti prakarsa dengan memulai terserah perundingan melalui diplomasi ulang-alik.

dari istanbul, menlu john kerry mendesak kaum pemimpin turki supaya secepatnya memulihkan hubungan diplomatik penuh melalui israel.

kerry menungkapkan washington memandang kedua negara tersebut dibuat jangkar kestabilan selama timur tengah. diplomat senior as itu menganggarkan pernyataan tersebut dalam taklimat tidak berlalu sesudah pembicaraannya dengan menlu ahmet davutoglu di istanbul, persinggahan pertama perjalan ketiganya ke timur tengan selama Satu bulan.

kerry menyeru kedua negara tersebut, keduanya sekutu penting as, agar mengirim tinggal duta besar mereka sesegera mungkin. ia menambahkan kerja sama turki-israel hendak membantu menanggulangi tantangan yang dihadapi wilayah tersebut.